Kurikulum pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Lombok  didesain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus, seperti anak-anak dengan gangguan belajar, gangguan perkembangan, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, dan kebutuhan khusus lainnya. Berikut adalah gambaran umum tentang kurikulum pendidikan SLB di SLB Lombok :

 

Kurikulum Dasar

Matematika

Fokus pada konsep dasar matematika, termasuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan konsep-konsep geometri.

 

Bahasa Indonesia

Pengajaran keterampilan dasar membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia.

 

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Pengenalan konsep sains melalui eksperimen sederhana dan observasi.

 

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Pengajaran tentang lingkungan sosial, budaya, dan sejarah.

 

Kurikulum Khusus

Penyesuaian Kurikulum

Kurikulum pendidikan SLB disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individu setiap siswa.

 

Terapi dan Rehabilitasi

Program terapi fisik, okupasi, wicara, dan bermain yang dirancang untuk membantu siswa dalam pengembangan keterampilan motorik, komunikasi, dan hidup mandiri.

 

Pembelajaran Berbasis Proyek

Melalui proyek-proyek dan kegiatan praktis, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial, keterampilan hidup, dan kemandirian.

 

Pengembangan Keterampilan Sosial

Program pengajaran untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial, termasuk kemampuan berinteraksi, berkolaborasi, dan memecahkan masalah.

 

Kurikulum Ekstrakurikuler

Seni dan Musik

Pengajaran seni visual, musik, tari, dan drama untuk membantu ekspresi kreatif dan pengembangan bakat.

 

Olahraga dan Kesehatan

Kegiatan olahraga yang disesuaikan dengan kebutuhan individu untuk meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan secara umum.

 

Pendidikan Karakter

Pembelajaran nilai-nilai moral, etika, dan kepemimpinan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kepribadian yang baik.

 

Pendekatan Pembelajaran

Pembelajaran Berbasis Pengalaman

Memfasilitasi pembelajaran melalui pengalaman langsung, eksperimen, dan aktivitas praktis.

 

Penggunaan Teknologi

Memanfaatkan teknologi pendidikan, seperti perangkat lunak edukatif, aplikasi khusus, dan peralatan teknologi bantu, untuk mendukung pembelajaran dan aksesibilitas.

 

 

Kurikulum pendidikan di SLB di Indonesia selalu mengalami penyesuaian dan pengembangan berkelanjutan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa. Pendekatan yang holistik dan terpadu digunakan untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan mereka.

Official Partner
× <
OFFICIAL PARTNER
ipa.ac.id
slb.ac.id
sakti.ac.id
gema.ac.id
smpn9magelang.sch.id
smpn5jambi.ac.id
smpn8jambi.sch.id
smpn7jambi.sch.id
unimuda-papua.ac.id
unimuda-sorong.ac.id
unimuda.ac.id
unimudasorongpapua.ac.id
pmbunimus.ac.id
smpn10jambi.sch.id
smpn11jambi.sch.id
smpn6jambi.sch.id
pmbunj.ac.id
smpn9batam.sch.id
unimusmg.ac.id
pmb-unimus.ac.id
unj-jember.ac.id
smpn9kotabatam.sch.id
smpn3brebes.sch.id
slbjakarta.id
slbjogja.id
slbsurabaya.id
slbmalang.id
slbdepok.id
slbkalimantan.id
slbbanten.id
slbtangerang.id
slbmakasar.id
slblombok.id